Mencontek

Perkara mencontek buat anak-anak sekolah itu kayak buah simalakama.
Kalo gak nyontek,gengsi ngeliat temen lain nilainya bagus,nilai kita enggak.Tapi bagus dong kita jadi jujur.Kalo nyontek,nilainya bagus tapi nanti bisa dicap macem".Ribet kan ?

Tapi lu lebih milih mana ? Nyontek dapet nilai bagus tapi bisa dicap segala macem,atau gak nyontek tapi nilainya murni dari kita (entah jelek apa enggak) tapi kita dibilangnya jujur ?
Jujur,gue juga pernah nyontek.Tapi gak keterlaluan juga.
Nyontek tuh ada seninya.Gak mungkin kan nyontek di bawah batang idung gurunya trus kenceng" lagi nanyanya,mana gurunya juga cuek.
Oke,itu ada 2 kemungkinan :
Pertama,gurunya ndablek
Kedua,gurunya tau tapi cuma dia yang tau,gak disebarin gitu ke yang lain

Tapi sekarang sih gue lagi pengen nyoba buat jujur.Kan latian buat UN nanti,apalagi kalo dapet pengawas yang strict abis.Kalo bisa nyontek,brarti dia adalah Pencontek Expert.Hebaaaat..

Faktor yang menyebabkan bocah" nyontek antara lain :
a.Tekanan,disuruh dapet nilai 9 padahal kemampuan si anak gak bisa nyentuh nilai 9.
b.Gengsi sama temen,si A nilainya bagus,si B pengen bagus tapi dia gak pinter.Nyontek deh
c.Emang males

Sikap sportif temen" gue kalo kata gue kurang,kurang baik,kurang banget malah !
Lu pernah gak ngerasa kesel ? Kita udah belajar capek-capek,eh..ada temen yang bener" ngopi jawaban kita dari 1-20 misalnya ? Mending kalo dia juga tukeran sama kita,lah dia tinggal copy-paste aja ? Gimana gak kesel cobaaa ?

Makanya bangsa kita lagi rada gimaanaa gitu,apalagi masalah korupsi.
Pasti itu berawal dari yang kecil" dulu.Ya salah satunya nyontek itu..
Kalo kita ketauan nyontek,rasanya tuh kayak kita jadi tersangka korupsi gitu deh *apa banget guaa*
Pengalaman banget tuh tadi,pas ulangan Biologi.Ada temen kertas contekannya jatoh,Eeeh..efeknya sekelas nilainya bakal di minus 2.
Tuh kan,yang kayak gini nih yang paling ngebetein.Kasian yang udah blajar capek" dong.Enak banget yag udah dapet kunci jawaban.Hazz ! Pengen gue silet tau gak tuh orang.
Mana yang nyebabin semua ini (nilai anak" di-min 2) masih bisa nyengir-nyengir lagi.Gue celup lu ke Kawah Candradimuka !

Makanya,mendingan dari sekarang belajar jujur deh.Gue juga lagi berusaha nih mengurangi frekuensi teamworking ama temen kalo ulangan.Kan kayaknya gak enak jugaa gitu.Malu kan nanya" mulu,tapi gue gak yakin,anak" sekarang punya urat malu.Dooooh..
Kan kalo kita gak nyontek,kita bisa dapet capnya anak baik,jujur.
Lebih enak mana dibilang baik sama jujur tapi nilai jelek,daripada nilai bagus tapi gak punya attitude.
Semoga posting ini berguna buat kemudian hari,Posting ini gak bermaksud buat nimbulin masalah lagi (pengennya gitu,gak tau nanti gimana),buat nyadarin gue dan orang sekitar gue.
Cheers y'all !
-Aya

Comments