Ucapkan Arrivederci kepada Buta Internet


Well, ciao readers!
Dilihat dari judulnya, ini post yang lumayan berat (?) #plak
Kali ini gue pengen ngepost bener soalnya dari kemaren gue ngepostnya kalo gak curhat, ya cerita-cerita tentang temenlah, kangen-kangenan. Sekali aja gue pengen ngepost bener dan sharing ilmu sikit. Tumben banget kan? Entah angin apa yang bikin jiwa dan raga gue merasa merdeka buat ngetik di keyboard ini #tsaaah
Oke cukup basa-basinya, off to the topic. Sekarang kita ngebahas web browser. Apa sih web browser itu? Anyone?
Jadi, Web browser adalah suatu program yang digunakan untuk menjelajahi Internet atau untuk mencari informasi dari suatu halaman Web yang tersimpan di dalam komputer. Awalnya, Web browser belum bisa menampilkan gambar dan hanya bisa menampilkan teks saja.Namun seiring dengan berjalannya waktu, Web browser sekarang bisa dipakai untuk mengakses berbagai file multimedia seperti video dan suara. Web browser juga dapat mengirim dan menerima e-mail, mengolah bahasa HTML sebagai input, dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informatif. Berterimakasihlah kepada para pengembang web browser zaman sekarang, kalo enggak kalian gak bisa kirim-kiriman tugas via email, Tumblr-ing, blogwalking, atau ngesearch berbagai artis Youtube yang seneng ngecover lagu kayak Alex Goot, Mike Tompkins, Max Schneider, dll dst.
Tau Mozilla Firefox, Opera, Safari, Google Chrome? Nah, nama-nama tadi pasti gak asing di telinga kalian. Nama di atas adalah contoh web browser yang sering digunakan buat mengakses Internet.

Tampilan Mozilla Firefox

Homepage Safari

Homepage Google Chrome


Next one, kita ngebahas struktur alamat Web. Kita ambil 1 contoh web. Alamat web Smansa http://sman1depok.sch.id/
Alamat diatas bisa kita tafsirkan seperti ini :
1.http, merupakan service transfer Web (protokol)
2.www, yaitu jaringan situs Web terbesar sebagai pengelola pengalaman situs Web di Internet
3.sman1depok, disebut sebagai domain, nama yang digunakan suatu institusi untuk situs webnya.
Sedangkan sch.id, adalah nama akhir sebuah domain.
.sch menggambarkan kalau ini adalah web sebuah sekolah. Dan .id karena kita ada di Indonesia jadi ya sebagai identitas.


Sekarang kita bahas istilah-istilah berikut :
a.Forward
b.Refresh
c.Home
d.History
e.Reload
f.Bookmark

Biar lebih gampang, ada printscreen-an yang bisa dilihat buat ngebandingin istilah di atas trus ada simbolnya juga dan dimana letaknya.Ini printscreen-an dari Mozilla Firefox.



a.Forward
Digunakan untuk kembali ke halaman yang baru diakses.

b.Refresh/Reload
Apa bedanya refresh dengan reload? Intinya sih sama aja, memanggil kembali halaman Web.Refresh lebih terkenal di browser Internet Explorer sedangkan istilah Reload terkenal dipakai di browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari.

c.Home
Untuk kembali ke homepage

d.History
Menampilkan kembali halaman Web yang pernah dikunjungi. Kalau di Firefox, bisa diakses lewat tombol Firefox>> cari History.


e.Bookmark
Bookmark kan kalo diterjemahin ke Bahasa Indonesia artinya pembatas buku. Nah, fungsi dari Bookmark di browser internet juga sama kayak pembatas buku yaitu menyimpan halaman Web yang disukai.

Sekian post kali ini, semoga bermanfaat
Ciao!



Comments