5 cm.

"Percaya pada 5 cm di depan keningmu"


Kali ini pengen ngebahas tentang film 5 cm.
Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama ini mengisahkan tentang persahabatan 5 orang yang udah mereka jalin sejak jaman sekolah sampai sekarang mereka udah bekerja dan kuliah.
Suatu hari, Genta (Fedi Nuril) bilang ke sahabatnya Zafran (Herjunot Ali), Arial (Denny Sumargo), Ian (Igor 'Saykoji'), Riani (Raline Shah), pas lagi ngumpul-ngumpul di Secret Garden. Genta nanya ke temen-temennya 'Kalian gak bosen apa temenan sama grup yang ini-ini aja?'. Trus akhirnya mereka sepakat buat gak ketemuan dulu selama 3 bulan. Nah, setelah 3 bulan, mereka bakal ngadain reunian di suatu tempat yang nanti Genta tentuin. Kemana mereka pergi? Mahameru, puncak tertinggi di pulau Jawa. Selain reuni, mereka juga berencana untuk ikut upacara pengibaran bendera di Mahameru. Berhasilkah mereka? Makanya nonton.......
Filmnya sendiri kurang nendang menurut gue dan beberapa temen gue. Tapi yang bikin film ini melekat di hati gue adalah panorama Mahameru yang bener-bener waaaaaaaah. Dan setelah nonton film ini, temen-temen gue langsung bilang 'Mahameru yuk!'
Film ini juga ada bumbu romancenya. Ada Dinda (Pevita Pearce), adeknya Arial yang ditaksir Zafran. Ada Genta sama Riani. Dan kalian tidak akan menyangka ketika melihat ending filmnya yang menggetarkan jiwa raga (?) dan jauh di luar dugaan.
Tapi film ini punya banyak kutipan yang bisa dijadiin bahan bakar penyemangat hidup #tsaaaah dan banyak nilai-nilai persahabatan yang bisa diambil. Kalo mau bandingin antara novel sama filmnya, emang sulit. Karena novel dan film adalah 2 media yang berbeda. Ada kekurangan dan kelebihannya.
Selamat menonton :)

“…. Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kening kamu. Dan… sehabis itu yang kamu perlu… cuma…”
“Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat keatas.”
“Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja…”
“Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya…”
“Serta mulut yang akan selalu berdoa…”

Comments