Jobdesk Kerja Bakti Massal Smansa : Ruang Piala

Hari Selasa tanggal 5 Februari kemarin, Smansa ngadain Kerja Bakti besar-besaran. Nyaris semua hal yang bisa dibersihkan di Smansa, bener-bener dibersihin. Kenapa gue bilang nyaris? Karena gue gatau, kamar mandi dibersihin apa enggak :p Area yang dibersihin tuh kelas-kelas, Ruang OSIS, Ruang Guru, yaaa pokoknya semua ruangan yang ada di Smansa. Dan gue sempet bersihin....Ruang Piala!

Oke, kalo kalian pernah berkunjung ke Smansa, kalian pasti pernah ngeliat ruangan yang penuh dengan piala. Iya, itu Ruang Pialanya Smansa. Ruangan yang penuuuuuuuuuh piala dari tahun 90an sampe 2012 kemarin. Bayangin ada berapa piala yang ada di ruangan itu?

Nah, sebagai anak SC yang berbakti kepada nusa bangsa (?) gue ikutan dong bersihin Ruang Piala. Ya walaupun gak semua piala itu punya SC. Jadi, dimulailah acara bersih-bersih ini!
Awalnya SC mau bantuin MPOS, jadi yaa ada beberapa anak MPOS yang terlihat di ruangan tersebut lagi nyapu-nyapu. Ada juga kok anak-anak lain Non SC dan Non MPOS yang bantuin. Mungkin mereka gatel juga kali ngeliat Ruang Piala udah kotor banget. Namun akhirnya, malah anak SC yang beresin ruangan ini.

Tahap-tahap pembersihan Ruang Piala :
  • Ngeluarin barang-barang yang ada di Ruang Piala.
Jadi, yang ada di Ruang Piala itu gakcuma Piala! Ada kardus-kardus, bekas freon AC, kabel-kabel. Yaampun, 11 12 sama gudang deh Ruang Piala. Miris banget :/ Jangan lupa, piala-piala juga dikeluarin. Iya, pialanya Smansa yang berjuta-juta itu banyaknya #hiperbola

  • Nyuci Piala
Yup, nyuciin segitu banyak piala.
Wooooh 0:

Sebagian piala yang ada di Ruang Piala

Cara nyucinya? Kasih air dulu pialanya>>kasih sabun>>bilas>>keringkan.
Manual way haha.
Lia, anak OSN Ekonomi lagi nyuci piala :')

Kelas 10 ikutan, senaaang
  • Ngelap Kaca Ruang Piala
Karena gak mungkin semuanya nyuci piala, jadi ada yang bertugas di dalam ruangan. Gue kebagian ngelapin kaca Ruang Piala yang yaampun-masyaallah-kalap-banget kotornya. Bersenjatakan Mr.Bersih dan Koran serta Lap, dimulailah proses ngelap-ngelap kaca. Baik bagian dalam maupun luar. Mau liat Ruang Piala kayak apa pas dikosongin?
 
Cuma ada Bu Rini di ujung sana, lagi nyemprotin kaca.

  •  Ngepel Ruang Piala
Ngepel adalah jobdesknya Danang dan Nody. Pas mau ngepel, Danang nanya ke gue "Gimana caranya ngepel?" trus gue diem. Membisu. Tidak menjawab. Tau sih cara ngepel, cuma secara teori, gue gak bisa menjelaskannya haha :D

  • Mendata Piala
Setelah dicuci dan dikeringkan, piala-pialanya didata dulu. Sejuta piala itu mau didata semua? Ya enggaklaah. Kasian yang ngedata, mungkin butuh berpuluh-puluh tahun untuk menyelesaikannya *apaan coba* yang didata cukup piala yang didapat di 2012 saja.

  • Menyortir Piala+Pindahin Piala ke Ruang Piala Lagi
Nyortir piala sesuai tahunnya, bolak-balik koridor-Ruang Piala, geser-geserin piala. Deeeeuuuh...

Selesai sudah tahapan membersihkan Ruang Piala! Sekarang Ruang Piala sangat kinclong. Gak berdebu. Seneng deh liatnya.
Oh ya, pas bersihin Ruang Piala, sebenernya itu juga bisa jadi motivasi loh. Ngeliat piala bejibun dan menyilaukan mata, jadi semangat buat ngedapetin piala-piala sejenis. Apalagi ngeliat piala lomba Ekonomi, banyak bangeeeeeeeet. Duh jadi ngiri ngeliatnya. Doain ya semoga Smansa pialanya nambah lagi :D
Eh bentar.............tapi kalo udah dapet piala, yang dapetin piala itu harus rajin ke Ruang Piala ya buat bersihin :D #tetep


Comments