Smansa Depok Journey at Kompek 15 (part 1)





Setelah melewati seleksi regional Economic Quiz, tahun ini, 2 tim Economic Quiz Smansa Depok berhasil lolos ke babak 40 besar Kompek 15. Alhamdulillah. Kerja keras kita gak sia-sia. Kompek itu apa sih? Kompek itu singkatan dari Kompetisi Ekonomi. Salah satu kompetisi ekonomi (katanya) tertua dan paling bergengsi setelah OSN. Kompetisi ini berskala nasional. Jadi ya....11-12 lah sama OSN. Dan kata Lia, di Kompek ini banyak medalis-medalis OSN Ekonomi 2012 nongkrong disini. Beuuh....rasanya bisa berdiri sejajar sama mereka..keren abis. Kompek 15 bertema Rebranding Indonesia. Kompek diselenggarakan oleh BEM FEUI dan berlangsung dari 18-21 Februari 2013 di FEUI :D Siapa aja sih tim Economic Quiz Kompek 15 dari Smansa tahun ini? Di tim A ada Kak Dita, Kak Dara, Lia. Dan di tim B ada Kak Aisyah, Kak Sukma, Gue.

Harusnya sih dari 17 Februari gue sama tim Smansa ikutan briefing gitu di UI. Tapi
berhubung kita sangat males buat berada di UI pas hari Minggu, jadi ya skip ajalah.

18 Februari - Hari Gabut
Tim SMANSA minus Kak Ai ngumpul dulu di Smansa jam setengah 5 pagi. Kak Ai udah ke UI duluan soalnya rumahnya relatif deket. Kenapa kita berangkat pagi buta? Soalnya harus udah di Wisma Makara jam 5.10 (kalo kata sms LOnya sih gitu) Oh ya, LOnya Smansa namanya Kak Filbert. Ya karena kita anak baik” ngumpullah kita di Smansa pagi buta trus berangkat pagi buat ngejar bus di Wisma Makara UI. Kata Kak Dita, kalo telat kita bakal ditinggal. Ya kan gak lucu dong masa hari pertama aja kita udah telat -_-
Hari pertama itu agendanya masih leha-leha. Opening di Kemenko Perekonomian sama Company Visit ke Coca Cola. Kita sampe Kemenko jam 8an gitu. Tadinya yang mau ngasih pidato tuh bapak Hatta Rajasa. Berhubung Pak Hatta gak bisa dateng jadi digantiin sama perwakilan Kemenko gitu. Setelah opening, ada talkshow tentang investasi. Gue gak begitu merhatiin talkshownya. Pokoknya salah satu pembicaranya tuh foundernya Mustika Ratu. Yaudah, gue cuma inget itu -_-
Trus lanjut Company Visit ke Coca Cola Amatil Indonesia :D di perjalanan, selain dikasih makan siang, kita dikasih juga Tropicana Twister sebotol, Air Mineral (padahal sebelum berangkat udah dikasih), sebungkus Sugus Gummy. Waah..makmur deh gue pulang Kompek.
Sampe pabrik, briefing dulu bentar abis itu baru sholat. Oh ya, diputerin juga video company profilenya Coca Cola Amatil. Ada sejarah Coca Cola, komposisi Coca Cola, yaaa pokoknya tentang Coca Cola. Lalu, lanjut ke acara liat-liat proses produksi. Ngeliat convenyor belt yang bener-bener gerak cepet banget, bahan pembuatan botol PET Sprite, packingnya Coca Cola.
Selesai keliling, dapet minuman gratis :D trus dilanjut technical meeting buat hari perlombaan (Selasa 19 Feb) dan yaaak yang ngejelasin teknisnya adalah…..Kak Dhika -_- Bagi yang gaktau siapa itu Kak Dhika, Kak Dhika adalah alumni Smansa angkatan 32. Anak OSN. FEUI Ilmu Ekonomi 2011. Adeknya, Adhita temen sekelas gue dari kelas 10. Pas Kak Dhika ngomong, gue sama Kak Ai udah ngakak. Gaktau, kocak aja gitu ngeliat orang yang lo kenal, berdiri disana, jelasin teknis lomba, padahal kemaren gue baru minta film sama dia -_- #trusknapa Udah gitu Kak Dhika sering salah ngomong. Makin menjadi-jadilah gue sama Kak Ai.
Selesai techmeet, kembalilah kita ke UI. Dan anak Smansa sudah ditunggu oleh Pak Daus yang selalu setia setiap saat (?)

19 Februari – Penyisihan part 1
Kan kemarin udah senang-senang, sekarang waktunya berkompetisi. Smangkok!
Sampe FE jam 7 lewat, trus registrasi ulang sama dikasih sarapan+sebungkus Sugus Gummy (lagi). Oh iya, dapet goodie bag juga. Isinya?
-Sebotol Pepsi Blue
-TOP Triple Chocolate & TOP biasa
-3 buah majalah dari Media partner
Lihat, betapa makmurnya kita :’)
Pertamanya ada babak penyisihan gitu terdiri dari……300 soal Pilihan Ganda & siklus akuntansi Dagang. Pertama kali ngebuka amplop soal PG, yaampun……tebel banget. 51 lembar sodara-sodara. Aduh terharu deh. Panitianya baik banget ngasih soal sekian lembar. Setelah dibolehin buka amplop soal, gue, Kak Ai, Kak Sukma langsung ngerobek soal trus bagi 3. Ntar dirolling gitu ngerjainnya. Nasib gue? Ngeliat nomer pertama bagian gue aja udah gumoh banget. Gak nemu jawabannya. Lanjut soal berikutnya, berikutnya, berikutnya, kayaknya gue jarang banget jawab soal. Dan Kak Dhika dibawah sana udah ngeliat-ngeliat ke tim kita.
Abis 300 soal, Ishoma dulu. Lalu dilanjut….Siklus Akuntansi!
Metodenya FIFO dan Perpetual. Ya Allah….gue gak ngerti Akun Dagang -__- paling cuma awal-awal doang kayak nyari penyusutan. Masih cincaylah. Nah kalo udah wesel, bunga, blablabla, sudahlah…….gue bengong doang. Karena gue gak mau gabut, seenggaknya gue bantu ngitunginlah. Tim kita pake kalkulator sayur yang segede alaihim. Nyaris setengah meja tempat ngerjain soal. Dan bunyinya…berisik banget. Lumayan buat ngedistract lawan. Tapi kalo udah bener-bener stuck, gue pasti bengong trus lemes gitu. Ada satu saat dimana Kak Ai dan Kak Sukma bengong juga kok. Emang susah banget :’)
Trus pas udah detik-detik akhir waktu pengerjaan, Kak Dhika mulai ngitung mundur dan itu bener-bener bikin panik. Pengen banget dilempar pake kalkulator sumpah -__- Kita bertiga udah bete banget sama dia sama Kak Ninda. Ini pasti kerjaannya Kak Ninda deh….bikin soal udah kayak apaan.
Abis itu sholat dulu. Trus ketemu Kak Diaz, ngobrol-ngobrol. Curhat tentang soal. Trus balik ke auditorium lagi dan ada talkshow blablabla. Dan…ada pengumuman sementara. Alhamdulillah buat Smansa :’) Gak nyangka banget hasilnya. Tapi bukan berarti kita udah selesai disini karena besok bisa aja ada tim yang bisa membalikkan keadaan. Wajib semangat! 

Lanjut ke postingan berikutnya...

Comments