Jangan Bikin Saya Galau, Wahai Program Studi

Sudah diujung kelas 11.  Sebentar lagi nyentuh garis finish.
Lalu gue akan menginjak kelas 12, ikut bimbel, tryout sana-sini,
UN, lulus. Menginjak kelas 12 bukan cuma akan melakukan hal-hal di atas, tapi juga meninggalkan kesenangan yang udah gue rasakan selama 2 tahun di Smansa. Gak ada lagi ekskul-ekskul, tagline
"Liburan di sekolah" kayaknya udah bukan diri gue lagi di kelas 12, gak ada kepanitian ini dan itu, gak ada sibuk-sibuk di sekolah sampe malem. Waaaah kehilangan banyak deh. Dan pastinya gue akan banyak banget galau. Galauin Smansa, galauin temen, galau jurusan, dan banyak lagi.

Kali ini gue pengen ngebahas galau jurusan.
Gue udah yakin, jalan gue emang di Ekonomi. Tekad gue sangat bulat untuk menembus FEUI.
Masalahnya, prodinya itu loh yang bikin galau.
Setelah menyeleksi prodi yang ada di FEUI, terpilihlah 3 kandidat
jurusan yang akan gue duduki bangku kelasnya dan akan gue pelajari mata kuliahnya.
1. Manajemen
2. Ilmu Ekonomi
3. Ilmu Ekonomi Islam

Kita mulai dari pilihan pertama, Manajemen.
Kenapa Manajemen?
  • Gue ada ketertarikan di dunia bisnis-berbisnis.
  • Gue orangnya lumayan seneng ngoceh, tapi gue rada introvert juga.
  • Karena Manajemen kalo kata kakak-kakak yang udah ada di FEUI sana, Ilmu yang gak bikin bosen. Belajar IE juga, belajar Akuntansi juga. Cocoklah sama gue yang emang gampang bosen sama satu pelajaran doang.
  • Karena Manajemen prospeknya bisa jangka pendek dan jangka panjang. Well, semua jurusan juga kayaknya sih gitu. Tapi Manajemen menurut gue yang paling keliatan mau kemananya.
  • Manajemen prospeknya kan bisa jadi manajer dan kawan-kawannnya. Nah, profesi manajer ini menurut gue cocok sama gue. Gue lebih seneng memanage orang darimana dimanage orang.
  • Dan salah satu cita-cita gue adalah membuat perusahaan yang profitable dan tentunya gak melupakan sisi sosial dengan cara membuat program CSR. Atau kalau udah punya kemampuan lebih, mau sekalian bikin lembaga amal dimana keuntungan dari perusahaan gue akan didonasikan sepersekiannya untuk bantuin anak-anak kurang mampu yang mau nerusin studinya. Doain ya :)

Lanjut ke pilihan kedua, Ilmu Ekonomi (IE).
Gue baru mulai mikir mau IE pas kelas 11 ini. Kan pelatih OSK-OSP gue anak IE. Trus dia sering cerita-cerita gimana perkuliahannya.
Dia bilang, Ilmu Ekonomi itu kebanyakan diisi oleh
anak ambi(sius). Yang kalo ngerjain ulangan essay bisa ngambil berlembar-lembar kertas buat ngejawab pertanyaan, rajin belajarnya, wah pokoknya contoh mahasiswa teladan.
Cita-cita gue yang lain adalah melihat tanda tangan gue tertera di uang kertas yang bakal kalian pegang 20-30 tahun lagi. Doain ya :)  Dari hasil riset yang gue lakukan di Google, alumni IE itu banyak yang kerja di BI dan jabatan mereka sekarang emang gak main-main.
Gubernur BI lah, Menteri lah, bahkan ada yang ditarik ke World Bank.
Kurang kece apa tuh?
Tapi gue masih belom tau prospek jangka pendeknya apa. Kalo kata kakak kelas gue sih, kerja di Kementerian. Hmmm...sound interesting. Tapi ya gitu, gue kan paling males diatur-atur, terikat di satu lembaga. Jalan menuju kursi jabatan yang tinggi emang panjang, tapi kalo gue harus melewati fase itu? Gue harus berpikir dua kali.
Dilihat dari pelajarannya, mungkin semester awal masih kayak materi Olimpiade. Tapi kalo ke atas-atas, makin banyak matematisnya. Makin banyak membuktikan ini dan itu. Udah tau gue lemot banget masalah Matematika -__- Pernah diceritain juga, di IE ada matematika yang ngitungnya pake trigonometri. Haduh..males banget ketemu Sin, Cos, Tan dan kawan-kawannya -______-

Pilihan terakhir, Ilmu Ekonomi Islam
Prodi ini baru mulai melakukan kegiatan belajarnya tahun ini. Jadi kalo gue masuk, gue masih angkatan kedua.
Melihat dunia perekonomian sekarang yang makin banyak menerapkan sistem Syariah, ada ketertarikan untuk mempelajarinya.
IE Islam mungkin akan lebih mudah karena akan menyingkirkan unsur bunga, judi dan yang diharamkan Islam. Memudahkan dong kalo ada perhitungan ini itu? Harusnya sih iya. Kenapa harusnya? Ya kan gue belom tau gimana realitanya -__-
Cita-cita gue yang lain (cita-cita gue banyak banget ya?) adalah mulai menerapkan sistem syariah di perekonomian Indonesia karena kalo kata guru Agama "Ekonomi Syariah nantinya bukan hanya memudahkan orang Islam, tapi juga seluruh rakyat Indonesia" Oh tentu saja, gak ada lagi itung-itungan bunga yang bikin mabok, salah satunya.

Bingung gak tuh? Bingung banget. Pokoknya kelas 12, gue harus sudah menemukan jurusan yang akan gue ambil. Yang jelas, jangan sampe salah ngambil jurusan karena nanti hidup gue bisa berubah 180 derajat. Semangat FEUI 2014!

Comments